Minggu, 13 Januari 2013

My Brother Story "Cerpen Penjual Abate" (Real Life)


Lagi tiduran di ruang tengah.. pagi menjelang siang (apa nama yg tepat untuk pagi menjelang siang ?) saat itu. Sambil menikmati panas yg pada jam segini sudah membuat saya males kemana mana, dan memang tdk akan kemana mana sih. Dibuka pintu rumah oleh saya,biar ga terlalu panas, walau humidifier di rumah sudah dinyalaain dengan speed yg paling tinggi, tetep weh panas.

Tiba tiba !!.. "permisi ... permisi ..." terdengar suara pria bilang permisi di depan rumah, ternyata seorang bapak bertubuh apa ya itu !??. besar ??. bukan!!, terlalu sadis kalo saya bilang dia besar, karena dia tidak sebesar pesawat terbang !!.
Apa ya namanya ?? ya,, bertubuh bantat !! oh salah !! kaya kueh bolu dong ya kalo bantat, tidak cocok!!
Bertubuh mekar !??. bukan !!! emang nya bunga,, mekar !!. ya.. gemuk, kata kata yg tdk pas jg menurut saya, karna bapa itu terlihat lebih dari gemuk.

"Selamat siang mas" !!. bapak itu menyapaku. Seperti yg td saya bilang diatas,ni kan blm siang!,yg ada baru menjelang siang,tp knp bilang siang ya bapa itu?? kenapa juga bapa itu bilang aku 'mas' ??? saya kan bukan 'mas - mas' !!!
Saya dari sunda ooy !!!!!!!, mestinya bapa itu bilang aku 'akang'!! Aneh,,, salah mulu dari tadi bapak itu kata kata nya !!, Grogi mungkin liat aku yg tampan ini.

"Pagi juga pak".. jawab saya,
"ada perlu apa apa ya"??, saya bertanya didepan pagar sambil berdiri.
"Ini lho mas, saya penjual Abate di komplek sini !!.dia mengungkapkan
Kalian tau abate kan !?.itu abate, merek dari product pembasmi nyamuk demam berdarah, cikungunya, dan nyamuk biasa, yg pemakaian nya ditaburin di bak mandi !!
"Berapa duit harganya pak"??
"60 ribu mas", dia bilang...
"Haah"?????????. saya terperanjak kaget !!.
"mahal amat ya pak" !!!...
"Segini udah murah mas, harga untuk orang orang komplek sya kasih segini, kalo diluar komplek saya jual 80rb" !!!. sambil memberikan 1 bungkus abate yg isinya 40 pcs itu kepada saya.
"Kebanyakan atuh pak, ga bisa beli satuan ya "???..
"Oh ga bisa mas"!!!. dia jawab, dan masih keukeuh bilang aku 'mas' !!
"paling minimal belinya 6 pcs mas"!!.
"Berapa kalo saya beli 6" pak ??..
"15 rb mas" !!.. Masih tetep mahal (aku menggerutu dalam hati).
"Kalo mas ga percaya tanya aja sama orang orang komplek sini, berapa harga abate ini"???..

Dasar ya bapak itu, mentang mentang aku bukan asli sini, ngejual barang seenak nya gitu !!, pake nyuruh aku nanya tetangga segala, ngapain bawa bawa tetangga coba !!??. Kalo saja saya masih emosian seperti dulu, pada saat saya STM, sudah saya tebas kepala bapa itu (jgn dipercaya, bohong)!!!. Untuk saja sekarang saya sudah lebih dewasa, bisa sabar, sabar dan tampan tentu nya !!

Akhirnya saya persliahkan bapak berkemeja coklat bergaris itu masuk !!. masuk kemana ??..ya masuk ke dalam rumah ku lah !!. masa masuk ke dalam botol !!.. emang nya dia jin !!.
saya hidangkan air minum dan basreng yg dipaket dari bandung 3hari yg lalu kepadanya,,,
"diminum pak silahkan"..
"ia makasih mas"..
"Sudah berapa lama jual abate ini pak"??
"sudah 22 tahun". bapak itu menjawab.
Masa Allah,,, bapak ini bisa begitu ikhlas menekuni pekerjaan nya selama ber tahun tahun dengan hanya menjual abate !!.
Cinta sekali dia pada pekerjaan nya.
"Cukup untuk biaya hidup keluarga pak"???
"ya gali lobang tutup lobang mas, yg penting saya ikhtiar dan berdoa dulu, tp alhamdulilah cukup !!, selalu ada rejekinya masing masing ko mas".

Terharu saya mendengar nya, langsung saja saya buang pikiran untuk menebas leher nya itu !!, karna tidak mungkin saya tebas!!, saya bukan seorang samurai, saya orang sales marketing seperti bapak itu juga.
Ya,,,, pelajaran buat saya, keteguhan dan kesabaran hati nya membuat saya ingin menjadi seperti dia (bkn sebagai penjual abate tentunya), tetapi kecintaan dia pada suatu pekerjaan nya slalu di barengi do'a, sabar, jujur dan bekerja keras. karna apa yg paling indah di dunia ini selain kata 'sabar'.

Kubeli abate dari bapak itu, walau aku harus mengeluarkan uang lebih tentu nya. tak apalah itung itung dapat kuliah tambahan dr bapak gemuk itu.

40 bungkus abate yg kudapat, entah untuk dipakai berapa kali !!, karna mungkin si bapak tadi mengira aku mempunyai kolam renang yg sangat besar !!.
Ya ga apa apa buat stock aja lah,,dan ada alasan kalo bapak penjual abate itu datang lagi... "Masih ada pak abate nya" !!..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar